Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Tri Indah, Lestari
Indah, Pujiastuti
Legi, Elfitra
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-22 10:06:10
Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya Efektivitas
Penggunaan Metode Role Playing berbantuan Media Audio-Visual dalam
Pembelajaran Bermain Drama Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4
Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode
Pra-eksperimen one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah
kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tanjungpinang Tahun Pelajaran
2018/2019. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa yang diambil
menggunakan teknik Purposive Sampling pada kelas XI IPA 3.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Pretest sebelum
menggunakan Metode Role Playing berbantuan Media Audio-Visual dalam
Pembelajaran Bermain Drama memperoleh nilai rata-rata 59,53 kategori C
kualifikasi Cukup, sedangkan nilai Posttest setelah menggunakan Metode Role
Playing berbantuan Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Bermain Drama
memperoleh nilai rata-rata 78,46 kategori B kualifikasi baik. Jadi, berdasarkan
perhitungan uji t, peneliti memperoleh t
hitung
yaitu 0.4589 sedangkan t
tabel
dengan
dk = 40 - 2 = 38 yaitu 0.320. Maka dapat diketahui bahwa t
hitung
lebih besar dari
ttabel
yaitu 0.4589 > 0.320. Hal ini menunjukkan bahwa Metode Role Playing
berbantuan Media Audio-Visual efektif diterapkan dalam pembelajaran bermain
drama siswa kelas XI IPA 3 Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tanjungpinang
Tahun Pelajaran 2018/2019