DETAIL DOCUMENT
Efektivitas Penggunaan Metode Role Playing berbantuan Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Bermain Drama Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Tri Indah, Lestari
Indah, Pujiastuti
Legi, Elfitra
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu 
Datestamp
2021-07-22 10:06:10 
Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya Efektivitas Penggunaan Metode Role Playing berbantuan Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Bermain Drama Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode Pra-eksperimen one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa yang diambil menggunakan teknik Purposive Sampling pada kelas XI IPA 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Pretest sebelum menggunakan Metode Role Playing berbantuan Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Bermain Drama memperoleh nilai rata-rata 59,53 kategori C kualifikasi Cukup, sedangkan nilai Posttest setelah menggunakan Metode Role Playing berbantuan Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Bermain Drama memperoleh nilai rata-rata 78,46 kategori B kualifikasi baik. Jadi, berdasarkan perhitungan uji t, peneliti memperoleh t hitung yaitu 0.4589 sedangkan t tabel dengan dk = 40 - 2 = 38 yaitu 0.320. Maka dapat diketahui bahwa t hitung lebih besar dari ttabel yaitu 0.4589 > 0.320. Hal ini menunjukkan bahwa Metode Role Playing berbantuan Media Audio-Visual efektif diterapkan dalam pembelajaran bermain drama siswa kelas XI IPA 3 Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019 
Institution Info

Universitas Maritim Raja Ali Haji