Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Sutami Candra, Kasih
Inge Lengga Sari, Munthe
Jack Febriand, Adel
Subject
332.41 Value of Money/Nilai Uang
Datestamp
2021-07-22 13:33:18
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social
Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel Corporate Social Responsibility
(CSR) diukur dengan corporate social responsibility disclosure (CSDI)
berdasarkan indeks GRI G4 yang terdiri dari 91 item pengungkapan yang terdiri
dari enam tema yaitu, ekonomi, lingkungan, tenaga kerja, hak asasi manusia,
masyarakat dan produk. Nilai perusahaan di proksikan menggunakan price book
to value (PBV) dan profitabilitas diproksikan dengan Return On Asset (ROA).
Teknik penentuan sample dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling
dimana sample di pilih secara acak menurut kriteria yang telah ditentukan. Sample
yang diteiliti dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar
dalam Bursa Efek Indonesia dengan periode penelitian 2017-2019. Terdapat 28
perusahaan sample dengan periode 3 tahun penelitian sehingga diperoleh 84
observasi. Metode analisis yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis
(MRA) untuk menguji pengaruh variabel moderating. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) tidak
berpengaruh terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh terhadap nilai
perusaahn dan profitabilitas sebagai variabel moderating tidak dapat memoderasi
pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan