Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Dwi, Wahyuningsih
Inelda, Yulita
Nina, Adriani
Subject
371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Datestamp
2021-07-23 02:45:47
Abstract :
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: 1)
mengembangkan instruksi praktis menggunakan indikator bahan alami pada
bahan asam-basa; 2) menentukan tingkat validitas instruksi praktis menggunakan
indikator bahan alami pada bahan asam-basa; 3) mengetahui tingkat kepraktisan
instruksi praktis menggunakan indikator bahan alami pada bahan asam basa yang
dikembangkan dan 4) meningkatkan hasil belajar siswa pada bahan asam basa
dengan menggunakan instruksi praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian
ini adalah model 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) define, (2) desain, (3)
development, (4) Disseminate. Pengumpulan data dilakukan di SMA Negeri 3
Tanjungpinang. Panduan praktik diuji pada 1 guru kimia dan 29 siswa kelas XI
MIPA. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa panduan praktik menggunakan indikator bahan
alami pada bahan asam basa dinyatakan layak dan dapat meningkatkan hasil
belajar siswa. Ini didasarkan pada: (1) Penilaian materi ahli oleh validator I dan II
dengan kategori sangat valid dengan masing-masing 88,32% dan 90%. (2)
Evaluasi ahli media oleh validator II dalam kategori sangat valid dengan masingmasing 97,5% dan 95%. (3) Persentase tanggapan siswa dan guru terhadap produk
yang dikembangkan masing-masing adalah 94,80% dan 94,60% dengan kedua
kategori sangat praktis. (4) Hasil belajar siswa termasuk dalam kategori sedang
dengan peningkatan hasil belajar (N-gain) sebesar 0,68.