Abstract :
Secara garis besar penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji
pengaruh dari nilai taksiran, kualitas produk, promosi dan pelayanan terhadap
keputusan nasabah mengunakan jasa pembiayaan KCA di PT. Pegadaian (Persero)
Cabang Tanjungpinang Timur. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah
penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah yang datang
menggadaikan barangnya di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Tanjungpinang
Timur. Adapun jumlah populasi dari penelitian ini adalah 4000 orang dengan
metode rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah 98 nasabah sebagai sample,
teknik tersebut disebut dengan Accidental Sampling. Analisis data menggunakan
regresi linier berganda dan pengujian hipotesisnya menggunakan bantuan aplikasi
SPSS 22. Hasil penelitian dilihat dari nilai (Adjusted R2
) sebesar sebesar 0,219.
Dengan demikian besarnya pengaruh yang diberikan oleh variabel nilai taksiran,
kualitas produk, promosi dan pelayanan terhadap keputusan nasabah
menggunakan jasa pembiayaan KCA sebesar 21,9%. Berdasarkan uji F adalah F?hitung > F-tabel (7,802 > 2,006) dan tingkat signifikansi sebesar 0.000 maka Ha
diterima dan H0 ditolak artinya nilai taksiran, kualitas produk, promosi, dan
pelayanan berpengaruh terhadap keputusan nasabah secara simultan. Pada uji t,
variabel nilai taksiran, promosi dan pelayanan berpengaruh signifikan kearah
positif, sedangkan variabel kualitas produk berpengaruh signifikan tetapikaerah
negatif terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pembiayaan KCA di PT.
Pegadaian (Persero) Cabang Tanjungpinang Timur.