Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Ibrahim, Ibrahim
Febrian, Febrian
Rezky, Ramadhona
Subject
371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Datestamp
2021-07-23 03:48:23
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran miskonsepsi
siswa dalam menyelesaikan soal persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak
linear satu variabel dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan
siswa mengalami miskonsepsi. Pemilihan subjek penelitian menggunakan
purposive sampling dengan 11 siswa kelas X IPS 1 sebagai subjek penelitian yang
dipilih berdasarkan hasil tes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa tes dan
wawancara. Jenis tes yang digunakan berupa three tier test. Adapun instrumen
dalam penelitian ini adalah lembar tes dan pedoman wawancara. Teknik analisis
data tediri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Adapun hasil yang diperoleh adalah terdapat 11% siswa yang mengalami
miskonsepsi pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu
variabel. Miskonsepsi yang dialami siswa hanya terdapat pada butir soal nomor 1
dan 4 yaitu sebesar 4% dan 40%. Letak miskonsepsi siswa berupa salah dalam
pemodelan matematika, salah dalam perhitungan, dan kurang teliti dalam
mengerjakan soal. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa termasuk ke dalam
miskonsepsi korelasional dan miskonsepsi teoritikal. Adapun faktor-faktor yang
menyebabkan siswa mengalami miskonsepsi adalah konsep awal yang salah/tidak
tepat, memberikan data/alasan yang tidak lengkap, dan pengalaman belajar yang
kurang