DETAIL DOCUMENT
ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL DENGAN MENGGUNAKAN THREE TIER TEST DI SMA N 1 TOAPAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Ibrahim, Ibrahim
Febrian, Febrian
Rezky, Ramadhona
Subject
371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2021-07-23 03:48:23 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan siswa mengalami miskonsepsi. Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dengan 11 siswa kelas X IPS 1 sebagai subjek penelitian yang dipilih berdasarkan hasil tes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Jenis tes yang digunakan berupa three tier test. Adapun instrumen dalam penelitian ini adalah lembar tes dan pedoman wawancara. Teknik analisis data tediri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun hasil yang diperoleh adalah terdapat 11% siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel. Miskonsepsi yang dialami siswa hanya terdapat pada butir soal nomor 1 dan 4 yaitu sebesar 4% dan 40%. Letak miskonsepsi siswa berupa salah dalam pemodelan matematika, salah dalam perhitungan, dan kurang teliti dalam mengerjakan soal. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa termasuk ke dalam miskonsepsi korelasional dan miskonsepsi teoritikal. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami miskonsepsi adalah konsep awal yang salah/tidak tepat, memberikan data/alasan yang tidak lengkap, dan pengalaman belajar yang kurang 
Institution Info

Universitas Maritim Raja Ali Haji