Abstract :
Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, citra
perusahaan, relationship marketing dan penerapan corporate social responsibility
terhadap loyalitas nasabah PT. Pegadaian cabang bukit bestari kota Tanjungpinang.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah insedental sampling. Sampel
dalam penelitian ini berjumlah 96 orang. Data analisis dengan menggunakan regresi
linear berganda, termasuk uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian uji
t menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas nasabah, variabel Citra Perusahaan (X2) berpengaruh
positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, variabel Relationship Marketing
(X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, variabel
Penerapan Corporate Social Responsibility (X4) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap loyalitas nasabah. Berdasarkan uji F nilai probabilitas sig 0,00 < 0,05 yang
berarti bahwa hasil pengujian secara simultan variabel kualitas pelayanan, citra
perusahaan, relationship marketing dan penerapan corporate social responsibility
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y). Berdasarkan uji
koefisien determinasi dilihat dari nilai (Adjusted R2
) sebesar 0,450 dapat diartikan
bahwa pengaruh kualitas pelayanan, citra perusahaan, relationship marketing dan
penerapan corporate social responsibility terhadap loyalitas nasabah adalah sebesar
45 %. Sisanya sebesar 55 % dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan dalam
metode penelitian ini.