DETAIL DOCUMENT
MANAJEMEN BADAN USAHA MILIK DESA DALAMPENGELOLAAN PROGRAM AIR BERSIH DI DESA HILIR KECAMATAN TAMBELAN KABUPATEN BINTAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
ARIF, DARMAWAN
Jamhur, Poti
Edison, Edison
Subject
361.1 Social Problems/Permasalahan Sosial, Masalah Sosial 
Datestamp
2021-07-23 04:32:30 
Abstract :
Desa Hilir merupakan desa terbesar dengan luas ±1226,8 Ha, sebagai desa terbesar yang ada dikecamatan Tambelan. Desa hilir memilik BUMDes yang bernama Hilir Sehati berdiri pada tahun 2015 dengan memiliki 6 program yaitu : penyewaan (tenda pesta, kursi), sosial bisnis (pengelolaan air bersih, depot isi ulang air galon), perdagangan (suku cadang motor laut dan darat, peralatan dan bahan bangunan, kerajinan masyarakat), simpan pinjam (simpan pinjam kelompok perempuan/SPKP), giro/jasa (percetakan) ,usaha bersama (wisata bahari). BUMDes Hilir Sehati mempunyai program yaitu tentang sosial bisnis tepatnya lebih kepengelolaan air bersih sebelum adanya BUMDes masyarakat Tambelan tidak pernah merasakan kekiringan atau kekurangan air bersih tapi setelah adanya BUMDes pengelola BUMDes ini merubah atau mengalihkan pengairan air masyarakat yang dahulunya menggunakan lubang panjang ditanah tempat aliran air yang disemen sekarang menggunakan pipa sebenarnya upaya yang dilakukan oleh pengelola ini sangatlah bagus karena membuat air menjadi lebih higenis ketimbang menggunakan lubang panjang ditanah tempat aliran air yang disemen kenapa saya bilang begitu karena apabila aliran air masih menggunakan lubang panjang ditanah ini kemungkinan higenis itu sangatlah sedikit dikarenakan aliran air itu berada diperkampungan masyarakat yang membuat hewan ternak, hewan peliharaan masyarakat bebas untuk membuang kotorannya, sementara air itu juga digunakan beribadah, minum, dan sebagainya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengelolaan Program Air Bersih di Desa Hilir Kecamatan Tambelan Kabupaten Bintan. Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan jumlah informan 8 orang. BUMDes Hilir Hati berdiri pada tahun 2015 dan penelitian ini dilakukan pada tahun 2019 selama 4 tahun berdirinya BUMDes masyarakat tidak merasakan dampak yang signifikan dari terbentuknya BUMDes yang dimana seharusnya dengan berdirinya BUMDes perekonomian masyarakat akan meningkat dengan program yang dimiliki oleh BUMDes. Program air bersih yang ada pada BUMDes membuat masyarakat merasa dirugikan dengan mereka harus membayar setiap bulannya namun mereka tidak merasakan terpenuhi dengan kebutuhan air bersih yang dikelola oleh BUMDes. dalam menjalankan program pengelolaan air bersih pihak pengelola seharusnya lebih respon dengan keluh kesah masyarakat tentang air bersih dan juga seharusnya pihak pengelola air bersih lebih mampu mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan kesulitan air bersih. Dalam penentuan posisi pipa pengaliran seharusnya pihak pengelola mengikuti saja aliran lama tanpa harus meletakkan pipa pada posisi naik turun bukit di tambah lagi pihak pengelola tidak menyadari dengan debit air yang ada di sumber tidak sebanyak dulu dengan debit air yang sedikit ditambah posisi pipa naik turun gunung menyebabkan air yang mengalir ke masyarakat menjadi tidak lancar. Kata kunci : BUMDes Hlir Sehati, Air bersih 
Institution Info

Universitas Maritim Raja Ali Haji