Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Jesy, Krismoniyanti
Syafsir, Akhlus
Eka Putra, Ramdhani
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-23 10:45:53
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran
kimia pada materi pergeseran kesetimbangan dan faktor-faktor yang
mempengaruhinya. Terdapat kesulitan yang dialami oleh guru dalam
menyampaikan materi tersebut sehingga peserta didik juga sulit untuk menerima
materi yang diajarkan. Selain itu, materi ini membutuhkan tiga level pemahaman
yaitu mikroskopis, makroskopis dan simbolik. Oleh karena itu perlu dikembangkan
media pembelajaran interaktif animasi stop motion yang dapat mendukung peserta
didik dalam mengikuti pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk 1)
mengembangkan media pembelajaran interaktif animasi stop motion 2) mengetahui
tingkat validitas media pembelajaran interaktif animasi stop motion 3) mengetahui
tingkat praktikalitas media pembelajaran interaktif animasi stop motion 4)
mengetahui tingkat efektivitas media pembelajaran interaktif animasi stop motion.
Penelitian ini menggunkan metode penelitian Research and Development dengan
menggunakan model 4D yang dilakukan melalui 4 tahap, yaitu define, design,
development, disseminate. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru kimia dan
37 peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Tanjungpinang. Hasil penelitian yaitu 1)
Penilaian ahli untuk kualitas media yang dikembangkan yaitu validator 1 sebesar
88,63%% dengan kategori sangat valid dan oleh validator 2 yaitu sebesar 96,21%
dengan kategori sangat valid 2) Persentase respon guru dan peserta didik terhadap
produk yang dikembangkan masing-masing sebesar 92,19% dan 87,36% dengan
kategori sangat praktis 3) Hasil peningkatan minat belajar peserta didik
menggunakan media pembelajaran interaktif animasi stop motion (N-gain) sebesar
0,74 yang termasuk ke dalam kategori efektivitas tinggi. Berdasarkan hasil
penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif
animasi stop motion efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran kimia.