Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Suryani, Suryani
Lia, Suprihartini
Akhirman, Akhirman
Subject
331.2 Conditions of Employment/Kondisi Buruh, Kondisi Pekerja, Kondisi Pegawai, Kondisi Karyawan
Datestamp
2021-07-23 06:38:15
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth,
kualitas produk dan citra merek secara parsial terhadap keputusan pembelian,
pengaruh electronic word of mouth, kualitas produk dan keputusan pembelian
terhadap citra merek. Pengaruh electronic word of mouth, terhadap keputusan
pembelian melalui citra merek, pengaruh kualitas produk terhadap keputusan
pembelian melalui citra merek. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian
kuantitatif karena menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian yang
merupakan data primer dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah
pelanggan produk herbal HPAI di Kota Tanjungpinang. Penentuan sampel
menggunakan metode insidental sampling, dengan teknik pengambilan sampel
menggunakan rumus slovin hingga didapat 55 responden. Metode analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah uji deskriptif, uji kualitas data, uji asusmsi
klasik, analisis jalur (path analysis), dan uji hipotesis. Hasil analisis pada penelitian
ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth secara parsial tidak berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas produk secara parsial
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Electronic word of mouth
secara parsial berpengaruh signifikan terhadap citra merek, kualitas produk secara
parsial berpengaruh signifikan terhadap citra merek. Uji analisis jalur menjelaskan
bahwa citra merek dapat menjadi variabel yang memediasi antara electronic word
of mouth terhadap keputusan pembelian dan citra merek tidak mampu memediasi
antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian,
diharapkan perusahaan produk HPAI dapat mempertahankan serta meningkatkan
keputusan pembelian dengan memperhatikan faktor-faktor apa saja yang dapat
menunjang electronic word of mouth dan kualitas produk