DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI 10 TANJUNGPINANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Jumaira, Jumaira
Nevrita, Nevrita
Erda, Muhartati
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu 
Datestamp
2021-07-23 10:55:42 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model role playing terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Tanju ngpinang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain penelitian Pretest Post-test Control Group Desain. Variabel terikat dalam penelitian ini adalahhasil belajar siswa pada ranah kognitif. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Tanjungpinang yang berjumlah 65 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model role playing dan kelas kontrol menggunakan model cooperatife learning. Materi yang diajarkan yaitu sistem pencernaan manusia dengan melakukan alur cerita untuk bermain peran. Data penelitian didapatkan dari hasil pre-test, post-test, angket respon siswa dan angket keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menggunakan uji t test menunjukkan bahwa ada pengaruhpositif dan signifikan pada hasil post-tets kognitif siswa setelah menggunakan model role playing pada materi sistem pencernaan manusia. 
Institution Info

Universitas Maritim Raja Ali Haji