Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Lucsy, Thelyana
Friska Septiani, Silitonga
Nina, Adriani
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-23 11:10:08
Abstract :
Berdasarkan hasil wawancara, ketuntasan klasikal pada materi koloid dibawah
rata-rata sekitar 60%. Hal ini karena dalam proses pembelajaran pada materi
koloid guru tidak menggunakan media pembelajaran, sehingga peserta didik
cenderung menghafal tanpa memahami materi dan menyebabkan rendahnya
motivasi belajar peserta didik. Guru dan peserta didik mengemukakan bahwa
sangat tertarik menggunakan media pembelajaran seperti permainan. Oleh karena
itu, perlu dikembangkan media pembelajaran CCR (Colloid Chemistry Roll)
berbasis elektronik untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam
proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media
pembelajaran CCR berbasis elektronik 2) mengetahui tingkat validitas media
pembelajaran CCR berbasis elektronik 3) mengetahui tingkat praktikalitas media
pembelajaran CCR berbasis elektronik 4) mengetahui tingkat efektivitas media
pembelajaran CCR berbasis elektronik. Jenis penelitian ini adalah penelitian
Research and Development , dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap,
yaitu 1) analysis 2) design 3) development 4) implementation 5) evaluation.
Subjek penelitian adalah 1orang guru kimia dan 36 peserta didik kelas XI MIPA
SMAN 1 Tanjungpinang. Hasil penelitian yaitu 1) Penilaian ahli materi sebesar
98,4% dengan kategori sangat valid dan ahli media sebesar 78,34% dengan
kategori valid 2) Persentase hasil praktikalitas peserta didik dan guru terhadap
produk yang dikembangkan masing-masing sebesar 87,5% dan 91,07% dengan
kategori sangat praktis 3) Hasil efektivitas peserta didik terhadap produk yang
dikembangkan termasuk dalam kategori sangat efektif dengan peningkatan
motivasi belajar (N-gain) 0,76. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan
dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran CCR berbasis elektronik efektif
dan layak digunakan dalam pembelajaran kimia.