Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Faktor Pribadi, Faktor
Psikologis, dan Faktor Sosial berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian
Konsumen pada Kentucky Fried Chicken (KFC) dikota Tanjungpinang. Adapun
populasi dari penelitian ini berjumlah 100 orang, dengan menggunakan metode
rumus Slovin, dengan menggunakan teknik accidental sampling. Analisis data
dalam penelitian ini menggunakan bantuan dari aplikasi SPSS. Adapun hasil
pengujian dari penelitian ini adalah untuk variabel Faktor Pribadi memiliki nilai
sig 0,054 > 0,05, dan t hitung sebesar 1,950 < 1,985 dan nilai koefisien regresi
sebesar 0,183. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Faktor Pribadi tidak memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Faktor
Psikologis memiliki nilai sig 0,000 < 0,05, dan t hitung 3,969 > 1.985 dan nilai
koefisien regresi sebesar 0,580. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel
Faktor Pribadi berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian.
Kemudian untuk variabel Faktor Sosial memperoleh nilai sig 0,873 > 0,05 dan t
hitung 0,160 < 1,985, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,019. Hal ini
menunjukkan bahwa variabel Faktor Sosial tidak memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hasil uji simultan mengatakan bahwa
ketiga variabel memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan
Pembelian, berdasarkan hasil uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 11,969 > 2,30
dengan nilai sig 0,000 < 0,05.