Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Teguh, Kusuma
Febrian, Febrian
Rezky, Ramadhona
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-23 11:13:20
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan spasial
matematis siswa dengan model pembelajaran PMRI pada pokok bahasan bangun
ruang sisi datar siswa SMP Negeri 15 Tanjungpinang. Hasil penelitian ini
diperoleh dengan cara mengukur peningkatan yang terjadi pada kelas yang diberi
perlakuan PMRI dan kelas dengan metode konvensional. Setelah diperoleh hasil
peningkatan kemampuan spasial matematis, kemudian peneliti membandingkan
untuk melihat peningkatan yang lebih tinggi.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian
eskperimen berbentuk The Randomized Pretest-Posttest Control Grup Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 15
Tanjungpinang. Penentuan sampel untuk kelas eksperimen dan kelas control
dalam penelitian ini dilakukan secara acak. Pada kelas kelas eksperimen diberikan
perlakuan PMRI sedangkan pada kelas kontrol diberikan metode konvensional.
Berdasarkan hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwa
terdapat peningkatan kemampuan spsial matematis siswa yang diberi perlakuan
PMRI lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.
Hal ini terbukti pada rata-rata peningkatan kemampuan spasial pada kelas
eksperimen sebesar sedangkan pada kelas konvensional . Hasil yang
didapat pada uji hipotesis dengan statistic parametik, yaitu Independent Sample Ttest dengan menggunakan taraf signifikasi 0,05 (5%), diperoleh perbedaan rata rata peningkatan kemampuan spasial matematis yang signifikan, yaitu nilai sig (1-tailed) , yang berabti ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa
kemampuan spasial matematis siswa dengan model pembelajaran PMRI lebih
tinggi dari pada metode konvensioanl pada pokok bahasan bangun ruang sisi
datar.