DETAIL DOCUMENT
PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PENYELESAIAN MASALAH PYTHAGORAS BERDASARKAN TAHAPAN WALLAS DITINJAU DARI INTELIGENSI SISWA PADA KELAS IX SMPN 10 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Mia, Ariska
Febrian, Febrian
Rezky, Ramadhona
Subject
510 Mathematics/Matematika 
Datestamp
2021-07-23 11:52:00 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa dalam penyelesaian masalah phytagoras berdasarkan tahapan Wallas ditinjau dari inteligensi siswa kelas IX SMP Negeri 10 Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.1 SMP Negeri 10 Tanjungpinang yang memiliki inteligensi superior, inteligensi di atas rata-rata, dan inteligensi di bawah rata-rata. Setelah di dapatkan 24 subjek yang telah dikelompokkan berdasarkan tingkat inteligensinya, kemudian subjek tersebut diberikan soal tes proses berpikir kreatif siswa dalam penyelesaian masalah phytagoras I dan II. Dalam penelitian ini untuk setiap tipe inteligensi yang akan dipaparkan dengan mempertimbangkan kesamaan proses berpikir kreatif dan berdasarkan kemampuan komunikasi yang baik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan secara umum bahwa proses berpikir kreatif ditinjau dari inteligensinya tidak terlalu mencolok perbedaannya dikarenakan seluruh subjek dapat memunculkan indikator-indikator proses berpikir kreatif berdasarkan tahapan Wallas 
Institution Info

Universitas Maritim Raja Ali Haji