Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Mia, Ariska
Febrian, Febrian
Rezky, Ramadhona
Subject
510 Mathematics/Matematika
Datestamp
2021-07-23 11:52:00
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif
siswa dalam penyelesaian masalah phytagoras berdasarkan tahapan Wallas
ditinjau dari inteligensi siswa kelas IX SMP Negeri 10 Tanjungpinang. Penelitian
ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas IX.1 SMP Negeri 10 Tanjungpinang yang memiliki inteligensi
superior, inteligensi di atas rata-rata, dan inteligensi di bawah rata-rata. Setelah di
dapatkan 24 subjek yang telah dikelompokkan berdasarkan tingkat inteligensinya,
kemudian subjek tersebut diberikan soal tes proses berpikir kreatif siswa dalam
penyelesaian masalah phytagoras I dan II. Dalam penelitian ini untuk setiap tipe
inteligensi yang akan dipaparkan dengan mempertimbangkan kesamaan proses
berpikir kreatif dan berdasarkan kemampuan komunikasi yang baik. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan
secara umum bahwa proses berpikir kreatif ditinjau dari inteligensinya tidak
terlalu mencolok perbedaannya dikarenakan seluruh subjek dapat memunculkan
indikator-indikator proses berpikir kreatif berdasarkan tahapan Wallas