Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Nartia, Nartia
Nur, Izzati
Rezky, Ramadhona
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-23 12:17:20
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa
dengan menerapkan model pembelajaran Explicit Instruction di kelas VII SMP
Negeri 8 bintan. Jenis penelitian yang di gunakan adalah quasi eksperimen dengan
desain None Quivalent Control Grup. Sampel yang di gunakan dalam penelitian
ini adalah kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas
kontrol yang di tentukan dengan melalui teknik pengambilan sampel simple
random sampling. Kelas eksperimen pembelajarannya menerapkan model
pembelajaran Explicit Instruction dan kelas kontrol pembelajarannya menerapkan
pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan intrumen tes
pada materi penyajian data yang berbentuk essay dan observasi. Dari hasil analisis
di peroleh rata-rata peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar
0,3492, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 0,2224. Hasil
sig, (2-tailed) pada uji independent t-test menunjukan hasil sebesar 0,093 dengan
?= 0,05, karena menggunakan uji satu pihak yaitu pihak kanan maka berdasarkan
kriteria x nilai sig. (2-tailed) ? ? H0
di tolak. Sehingga 0,145 ? 0,05 yang
berarti terjadi bahwa penolakan H
0
dan terima H
I
. Jadi dapat di simpulkan bahwa
peningkatan hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran model
pembelajaran Explicit Instruction lebih tinggi dari pada yang memperoleh
pembelajaran konvensional pada materi penyajian data.