Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Novia Sakina, Putri
Nur, Izzati
Linda, Rosmery
Subject
371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran
Datestamp
2021-07-23 12:42:08
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir
kritis siswa dengan menerapkan Contextual Teaching and Learning berorientasi
Higher Order Thinking Skill di kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungpinang. Jenis
penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain pretestpostest control group. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VII
SMP Negeri 1 Tanjungpinang Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 6 kelas.
Penelitian ini mengambil dua kelas sampel yang diambil dengan cara mengundi
enam kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungpinang, didapatkan kelas VII.6 sebagai
kelas eksperimen dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes HOTS untuk mengukur
kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perbandingan. Dari hasil analisis
diperoleh rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen
sebesar 0,53 , sedangkan rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas kontrol sebesar
0,43. Hasil Sig. (2-tailed) pada uji Independent t-test menunjukkan nilai sebesar
0.049. Karena uji yang dilakukan adalah uji satu pihak (uji pihak kanan), maka
nilai Sig. = × nilai Sig. (2-tailed)= × 0.049 = 0.0245 dan 0.0245 ? 0.05. Maka
dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak artinya peningkatan kemampuan berpikir
kritis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan Contextual Teaching and
Learning berorientasi Higher Order Thinking Skill lebih tinggi daripada siswa
yang memperoleh pembelajaran konvensional.