DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANJUNGPINANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Novia Sakina, Putri
Nur, Izzati
Linda, Rosmery
Subject
371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran 
Datestamp
2021-07-23 12:42:08 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan Contextual Teaching and Learning berorientasi Higher Order Thinking Skill di kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungpinang. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain pretestpostest control group. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungpinang Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 6 kelas. Penelitian ini mengambil dua kelas sampel yang diambil dengan cara mengundi enam kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungpinang, didapatkan kelas VII.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes HOTS untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perbandingan. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 0,53 , sedangkan rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas kontrol sebesar 0,43. Hasil Sig. (2-tailed) pada uji Independent t-test menunjukkan nilai sebesar 0.049. Karena uji yang dilakukan adalah uji satu pihak (uji pihak kanan), maka nilai Sig. = × nilai Sig. (2-tailed)= × 0.049 = 0.0245 dan 0.0245 ? 0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak artinya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan Contextual Teaching and Learning berorientasi Higher Order Thinking Skill lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 
Institution Info

Universitas Maritim Raja Ali Haji