Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Prasetyo Tri, Sakti
Febrian, Febrian
Rezky, Ramadhona
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-23 23:36:15
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar
siswa melalui penerapan pembelajaran Treffinger pada materi operasi bentuk
Aljabar. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan desain pretest posttest
control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII
SMP Negeri 1 Bintan tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 2 kelas. Penelitian
ini menggunakan dua kelas sebagai sampel yang di ambil dengan teknik acak kelas,
yaitu kelas VIII.E dengan jumlah siswa 31 orang sebagai kelas eksperimen dan
kelas VII.A yang berjumlah 31 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar siswa pada
materi operasi bantuk Aljabar dan lembar observasi. Dari hasil analisis diperoleh
rata-rata peningkatan hasil belajar siwa kelas eksperimen sebesar 0,36, sedangkan
rata-rata peningkatan kelas kontrol sebesar 0,22. Berdasarkan hasil perhitungan uji
hipotesis menggunakan Independent Sample T-tes pada taraf signifikansi 5% atau
(? = 0,05), diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,015. Dalam penelitian ini
menggunakan uji satu pihak (pihak kanan) diperoleh sig 0,0075 dimana p-value <
?, maka Ho ditolak. Hal ini berarti peningkatan kemampuan peningkatan hasil
belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Trefffinger lebih tinggi dari
pada pembelajaran konvensional.