Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Pury Anggar, Astuty
Isnaini Leo, Shanty
Legi, Elfitra
Subject
411 Writing Systems/Sistem Tulisan, Penulisan
Datestamp
2021-07-23 23:41:40
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemahiran siswa dalam menulis, terutama
menulis teks prosedur. Penelitian deskriptif kuantitatif ini merupakan penelitian dengan teknik
memberikan tes tertulis, yaitu tes menulis teks prosedur kepada siswa kelas VII Sekolah
Menengah Pertama Negeri 3 Tanjungpinang. Penelitian ini dilakukan dengan populasi siswa kelas
VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tanjungpinang dan mengambil sampel siswa secara
acak sebanyak 25% dari 128 siswa yang mewakili masing-masing kelas sebanyak 32 orang siswa
sehingga didapat 8 orang siswa setiap kelas. Hasil penelitian yng telah dilakukan menunjukkan
secara umum kemahiran menulis teks prosedur siswa sudah baik. Setelah dilakukan tes terhadap
32 siswa diperoleh hasil tes yaitu, 3 siswa dengan nilai 94 dalam kuaifkasi sangat baik, 12 siswa
dengan nilai 75-88 dalam kualifkasi baik, dan 17 siswa dengan nilai 63-69 dalam kualifikasi
cukup. Dengan nilai rata-rata 73 dalam kategori B. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas VII
Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2019/2020 telah mahir
menulis teks prosedur dengan pencaipaian Baik