Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Rahmah, Hidayani
Ardi Widhia, Sabekti
Inelda, Yulita
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-23 23:46:12
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan edukatif menggunakan aplikasi
Lectora Inspire pada materi kesetimbangan kimia yang valid, praktis dan efektif. Media permainan
edukatif yang dikembangkan dapat membantu memudahkan siswa dalam proses pembelajaran pada
materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini mengacu pada model ADDIE, yang terdiri dari lima
tahapan Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation
(Penerapan), Evaluation (Penilaian). Data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis secara
kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan
dikategorikan sangat valid dengan persentase yang diperoleh 88% untuk validasi materi dan 89%
untuk validasi media. Ditinjau dari aspek praktikalitas diperoleh persentase respon guru 88% dengan
kategori sangat praktis dan ditinjau dari respon siswa diperoleh persentase sebesar 84% dengan
kroteria sangat praktis. Pada aspek efektivitas diperoleh hasil belajar dengan nilai pretest dan
posttest mendapat hasil N-Gain 0,5 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penilaian yang
dilakukan media permainan edukatif menggunakan aplikasi Lectora Inspire pada materi
kesetimbangan kimia dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan