DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN KELAS VII SMP NEGERI 10 TANJUNGPINANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Ramika, Tamila
Febrian, Febrian
Linda, Rosmery
Subject
371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2021-07-23 23:48:11 
Abstract :
Kegiatan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari tidak lepas dari ilmu matematika. Pembelajaran matematika disekolah tidak hanya bertujuan agar peserta didik paham dengan materi yang diajarkan, peserta didik yang memahami materi diharapkan dapat menerapkan materi yang diajarkan dalam kehidupannya. Oleh sebab itu peserta didik dituntut mampu menghubungkan, mengaitkan, mengolah serta memodifikasi pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya dalam rangka menyelesaiakan permasalahan yang dihadapinya. Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan berpikir dimana peserta didik mampu menemukan dan membatasi informasi yang diketahui dan ditanyakan, menjeleskan hubungan kedua informasi, mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan permasalahan, merancang strategi efektif untuk menyelesaikan masalah dan mampu menerapkannya, mendeteksi kesalahan dan mampu memperbaiki serta mampu memberikan pembuktian jawaban yang diperoleh dan menyimpulkannya. Karena itu penting untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis yang dimiliki peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII dalam menyelesaikan masalah matematika dan mengetahui penyebab dari kurangnya kemsampuan berpikir krtitis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 10 Tanjungpinang tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMPN 10 dalam menyelesaikan soal operasi pecahan terbagi menjadi 3 tingkatan. Tingkatan pertama peserta didik dengan kemampuan berpikir kr itis tinggi dalam menyelesaikan soal dapat memenuhi tahap berpikir kritis yaitu klarifikasi dasar, memberi alasan untuk suatu keputusan, menyimpulkan, klarifikasi lebih lanjut, dan tahap dugaan/keterpaduan(48%). Tingkatan kedua peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis sedang dapat memenuhi Tahap berpikir kritis yaitu kalrifikasi dasar, menyimpulkan, dan tahap dugaan/keterpaduan(35%). Tingkatan ketiga peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis rendah hanya mampu memenuhi tahap klarifikasi dasar dan menyimpulkan(17%) 
Institution Info

Universitas Maritim Raja Ali Haji