Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Riska, Septihardani
Trisna, Amelia
Nevrita, Nevrita
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-24 00:03:48
Abstract :
Dalam proses pembelajaran, pemilihan model pembelajaran harus sesuai
dengan karakteristik siswa. Pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat
menumbuhkan dan meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar. Model
pembelajaran Market Place Activity merupakan suatu model yang
mengedepankan aktivitas siswa, sehingga seluruh siswa dituntut harus lebih aktif
dalam proses pembelajaran. Sel terdiri dari sel bakteri, sel hewan dan sel
tumbuhan. Sel juga memiliki materi sel yang berupa membran plasma,
protoplasma, dan materi genetik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh
model pembelajaran Market Place Activity terhadap hasil belajar siswa materi sel
kelas XI IPA SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Penelitian ini dilakukan di SMA
Negeri 4 Tanjungpinang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
XI IPA yang berjumlah 227 siswa, sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas
XI IPA 2 dan XI IPA 3 total keseluruhannya 76 siswa. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian Pre-eksperimental, dengan menggunakan rancangan
penelitian Post Test Only Control Group Design. Pengumpulan data
menggunakan lembar observasi dan instrumen tes. Hasil belajar pada bidang studi
IPA yang menerapkan model pembelajaran Market Place Activity di kelas XI IPA
2 SMA Negeri 4 Tanjungpinang rata-ratanya sebesar 75,76, sedangkan hasil
belajar yang menerapkan model pembelajaran konvensional tipe STAD di kelas
XI IPA 3 SMA Negeri 4 Tanjungpinang rata-ratanya sebesar 64,61. Hasil
perhitungan menggunakan aplikasi SPSS versi 22, diperoleh nilai Asymp. Sig
0,004 < 0,05 yang berarti hipotesis (Ha) diterima, maka dapat disimpulkan bahwa
model pembelajaran Market Place Activity berpengaruh terhadap hasil belajar
siswa pada materi sel kelas XI IPA di SMA Negeri 4 Tanjungpinang.