Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Siti Akmarliani, Nanda
Febrian, Febrian
Rezky, Ramadhona
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-24 00:32:59
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui
model pembelajaran ARIAS dengan konteks kearifan lokal lebih tinggi dari siswa
yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. Jenis penelitian yaitu quasi
eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bintan Tahun
Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 3 kelas. Penelitian ini menggunakan dua
kelas sebagai kelas sampel yang diambil secara acak kelas, yaitu kelas VII C yang
berjumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B yang berjumlah 21
siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
instrumen berupa lembar observasi dan tes kemampuan pem ecahan masalah
matematis siswa pada materi himpunan.
Dari hasil analisis diperoleh rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa kelas eksperimen sebesar 0,562, sedangkan rata-rata
peningkatan kelas kontrol sebesar 0,487. Berdasarkan hasil perhitungan uji
statistik terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
pada kedua kelompok pembelajaran dengan menggunakan Independent Sample Ttest pada taraf signifikansi 5% atau (? = 0,05), diperoleh sig (2-tailed) sebesar
0,076. Dalam penelitian ini menggunakan uji satu pihak (pihak kanan) diperoleh
sig. 0,038 dimana p-value < ?, maka H0
ditolak. Hal ini berarti peningkatan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran
melalui model pembelajaran ARIAS dengan konteks kearifan lokal lebih tinggi
dari yang memperoleh pembelajaran secara konvensional.