Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Sri, Sismawati
Rayandra, Asyhar
Nina, Adriani
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-24 00:45:35
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pergantian kurikulum dari Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ke Kurikulum 2013. Pada Kurikulum 2013
kegiatan pembelajaran menekankan pada pendekatan ilmiah. Banyak cara atau
model pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam penerapan pendekatan
ilmiah salah satunya model Problem Based Learning. Oleh karena itu untuk
meningkatkan pemahaman guru dan calon guru, dibutuhkan media yang praktis,
mudah digunakan dan dioperasikan kapan dan dimana saja. Salah satu jenis media
yang bisa digunakan ialah video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kelayakan dan kepraktisan media video tutorial penerapan model
pembelajaran Problem Based Learning pada materi korosi. Penelitian ini
termasuk jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan
menggunakan model 4D yaitu define, design, development, disseminate. Tetapi
penulis membatasi penelitian ini sampai tahap development. Media video tutorial
ini divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Subjek penelitian adalah 2 orang
guru kimia dan 20 peserta didik di MAN Tanjungpinang kelas XII IPA. Uji coba
produk dilakukan menggunakan angket dan teknik yang digunakan untuk
menganalisis data adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1) Desain pengembangan media video tutorial
menggunakan desain 4D. 2) Kelayakan media video tutorial ditinjau dari validasi
materi sebesar 87,5% dengan kategori sangat valid tanpa revisi dan validasi media
sebesar 91,66% dengan kategori sangat valid tanpa revisi. 3) Kelayakan media
video tutorial ditinjau dari uji praktikalitas memperoleh hasil 82,46% dengan
kategori sangat praktis untuk uji praktikalitas oleh guru dan 83,34% dengan
kategori sangat praktis untuk uji praktikalitas peserta didik. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa media video tutorial penerapan model
pembelajaran Problem Based Learning pada materi korosi sangat layak dan sangat
praktis digunakan pada proses pembelajaran