Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Stevanus, Trionanda
Nur, Izzati
Rezky, Ramadhona
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-24 00:51:50
Abstract :
Internet membawa dampak besar bagi semua kalangan, terutama pada
penyampaian informasi. Hal ini berdampak pada minat belajar yang merupakan
aspek afektif yang perlu dibangun dalam diri siswa karena merupakan dorongan
yang timbul dari siswa untuk belajar. Selain itu, untuk mewujudkan misi
kementrian pendidikan untuk mewujudkan pendidikan dengan budaya yang kuat,
Maka dari itu perlu ada upaya untuk menerapkan model pembelajaran yang
menarik perhatian siswa untuk belajar serta mengenalkan siswa pada budaya
Kepulauan Riau. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran quantum
learning dengan konteks budaya lokal sebagai model pembelajaran alternatif yang
diperkirakan dapat memicu peningkatan minat belajar matematika siswa. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan minat belajar siswa
yang mendapat pembelajaran melalui model pembelajaran quantum learning
dengan konteks budaya lokal lebih tinggi daripada peningkatan minat belajar
siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. Peneliti menerapkan
desain kuasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari 56 siswa kelas VIII SMP
Katolik Tanjungpinang. Hipotesis penelitian ini diuji dengan taraf signifikansi
5%, menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terjadi peningkatan signifikan minat belajar matematika siswa yang diberikan
pembelajaran melalui model pembelajaran quantum learning dengan konteks
budaya lokal dibandingkan siswa yang diberikan pembelajaran dengan
pembelajaran konvensional.