Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Sumiana, Sumiana
Isnaini Leo, Shanty
Indah, Pujiastuti
Subject
418.4 Reading/Membaca
Datestamp
2021-07-24 00:55:45
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah kemahiran
membaca pemahaman siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4
Tanjungpinang, Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Untuk mencapai tujuan tersebut
digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik penarikan
sampel penelitian ini ditentukan sebanyak 12% dari jumlah populasi sebanyak 339
siswa dari 9 kelas dan setiap kelas masing-masing berjumlah 40 siswa. Adapun
hasil skor dan nilai kemahiran membaca pemahaman melalui lembar kerja si swa
dapat dilihat bahwa siswa yang mendapat nilai dengan keterangan sangat rendah
dalam kemahiran membaca berjumlah 0 siswa (0%), siswa yang mendapat nilai
dengan keterangan rendah dalam kemahiran membaca berjumlah 3 siswa (7.5%),
siswa yang memiliki nilai dengan keterangan sedang dalam kemahiran membaca
berjumlah 9 siswa (22.5%), siswa yang memiliki nilai kemahiran membaca
dengan keterangan tinggi berjumlah 22 siswa (55%); dan siswa yang memiliki
nilai kemahiran membaca dengan keterangan sangat tinggi berjumlah 6 siswa
(15%). Jadi, simpulan yang dapat diambil oleh peneliti berdasarkan nilai
kemahiran membaca pemahaman siswa adalah tergolong ?tinggi? dengan nilai
rata-rata 81.38. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis dalam penelitian ini ditolak
karena dilihat dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti bahwa kemahiran
membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tanjungpinang, tahun
2018/2019 tergolong tinggi bukan rendah.