Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Syrry, Hidayani
Erda, Muhartati
Trisna, Amelia
Subject
371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Datestamp
2021-07-24 00:59:27
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir
kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP Tanjungpinang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Sampel dalam penelitian ini adalah 119 siswa kelas VII tahun ajaran 2019/2020
SMP Negeri 6 Tanjungpinang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan instrumen tes berupa soal essay sebanyak 8 butir soal dan lembar
observasi berupa pernyataan. Instrumen ini digunakan untuk mengetahhui
kemampuan berpikir kreatif siswa, hasil analisis tes aspek indikator kemampuan
berpikir kreatif pada aspek berpikir lancar(fluency) dengan capaian kategori kreatif,
pada aspek berpikir luwes (flexibility) dengan capaian kategori kreatif, pada aspek
berpikir orisinal (originality) dengan capaian kategori kreatif dan pada aspek
berpikir terperinci (elaboration) dengan capaian kategori cukup kreatif. Maka
secara keseluruhan perolehan persentase pada instrumen tes adalah dengan capaian
kategori cukup kreatif. Sedangkan hasil lembar observasi aspek berpikir orisinal
(originality) dengan capaian kategori kurang kreatif dan aspek berpikir terperinci
(elaboration) dengan perolehan capaian kategori kreatif, secara keseluruhan
sperolehan persentase pada instrumen lembar observasi adalah dengan capaian
kategori cukup kreatif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan
tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tanjungpinang
pada kategori cukup kreatif.