Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Umi, Salamiati
Eka Putra, Ramdhani
Ardi Widhia, Sabekti
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-24 01:07:44
Abstract :
Pemahaman peserta didik yang rendah terhadap materi termokimia, yang disebabkan kemampuan
konseptual dan algoritma matematis peserta didik yang rendah. Hal ini juga disebabkan oleh
pengembangan bahan ajar yang dilakukan oleh guru kurang. Dalam pengembangannya, bahan ajar
dapat digunakan dengang teknologi tertentu, salah satunya ialah teknologi AR. Teknologi AR
memiliki tampilan visual yang menarik sehingga mampu menarik perhatian peseta didik. Penelitian
ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan modul pembelajaran elektronik terintegrasi augmented
reality pada materi termokimia; 2) mengetahui validitas dari modul pembelajaran elektronik
terintegrasi augmented reality pada materi termokimia; 3) mengetahui praktikalitas dari modul
pembelajaran elektronik terintegrasi augmented reality pada materi termokimia; 4) mengetahui
efektivitas dari modul pembelajaran elektronik terintegrasi augmented reality pada materi
termokimia dalam meningkatkan kemampuan spasial peserta didik. Penelitian ini menggunakan
jenis penelitian Research and Development dengan model penelitian 4D (Define, Design,
Development, Disseminate). Sumber data dari penelitian ini berasal dari guru dan peserta didik di
SMA Negeri 1 Tanjungpinang dan SMA Negeri 3 Tanjungpinang. Hasil validasi materi dan media
pada modul pembelajaran elektronik terintegrasi augmented reality pada materi termokimia
diperoleh hasil 98% dan 97% dengan kriteria sangat valid. Hasil praktikalitas guru terhadap modul
pembelajaran elektronik terintegrasi augmented reality pada materi termokimia memperoleh hasil
80% yang termasuk dalam kriteria praktis dan praktikaliats peserta didik memperoleh hasil 84,13%
yang termasuk dalam kriteria praktis. Hasil efektivitas yang diukur dengan menggunakan N gain
pada pretest dan posttest memperoleh hasil 0,514 yang termasuk kategori sedang dan modul
pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan kurang efektif dalam meningkatkan kemampuan
spasial peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disumpalkan bahwa modul pembelajaran
elektronik terintegrasi augmented reality pada materi termokimia valid, praktis, dan efektif
digunakan dalam proses pembelajaran