Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Al Aziz Idwal, Yanmadika
Nur, Izzati
Rezky, Ramadhona
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-24 05:50:56
Abstract :
Dengan berubahnya era menyebabkan perlu adanya suatu perubahan terutama
di bidang pendidikan salah satu perubahan yang terjadi di pendidikan terutama di
Indonesia adalah penerapan kurikulum 2103 diaman kurikulum 2013 ini sangat sesuai
dengan suatu pendekatan yaitu STEM karena pendekatan STEM mrupakan
pendekatan yang tergolong baru di dunia pendidikan Indonesia menyebabkan
kurangnya perangkat pembelajaran yang menggunakan pendekatan STEM. Penelitian
ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan
STEM untuk meningkatkan hasil belajar pada mater bangun ruang sisi datar yang
valid. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D).
Data dalam penelitian dikumpulkan dengan metode angket. Instrumen penelitian
yang digunakan yaitu lembar validasi ahli, lembar validasi teman sejawat. Data
dianalisis dengan menggunakan metode MSR untuk mengukur kevalidan dari
perangkat pembelajaran dengan pendekatan STEM. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa perangkat pembelajaran dengan pendekatan STEM memenuhi kriteria valid
dengan dominansi penilaian berada pada kategori vali dengan persentase yang
didapatkan pada perangkat pembelajaran RPP dengan nilai persentase 75%, LKPD
dengan persentase 70% dan lembar soal hanya 3 soal yang dinyatakan tidak valid