Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Amri Suganda, Sianturi
Trisna, Amelia
Nurul, Asikin
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-24 10:43:57
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD Berorientasi Pendekatan
STEM pada Materi Sistem Pencernaan yang valid dan praktis untuk digunakan
pada kegiatan pembelajaran siswa kelas XI SMA. Pendekatan STEM merupakan
pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan aspek sains, teknologi,
enjiniring, dan matematika ke dalam suatu pembelajaran. Penelitian ini
merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan
model penelitian yang dikembangkan adalah model 4-D Thiagarajan dan Semmel.
Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahap yaitu: 1) tahap define atau pendefinisian
(analisis awal-akhir, analisis peserta didik, analisis materi, merumuskan tujuan);
2) tahap design atau perancangan (pemilihan media, pemilihan format, rancangan
awal); 3) tahap develop atau pengembangan (validasi ahli media, validasi materi,
uji praktikalitas oleh guru dan peserta didik); dan 4) tahap disseminate atau
penyebaran.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan LKPD Berorientasi
Pendekatan STEM pada Materi Sistem Pencernaan didapatkan hasil rata-rata
validasi media sebesar 91,25% dengan kategori ?sangat valid? dan hasil rata-rata
ahli materi diperoleh sebesar 86,8% dengan kategori ?sangat valid?. Hasil uji
praktikalitas oleh guru memperoleh hasil sebesar 82,5% dengan kategori ?praktis?
dan uji praktikalitas oleh siswa memperoleh hasil sebesar 85% dengan kategori
?praktis?. Dengan hasil tersebut, maka dapat dinyatakan LKPD Berorientasi
Pendekatan STEM pada Materi Sistem Pencernaan valid dan praktis untuk
digunakan siswa kelas XI SMA