Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Badariah, Badariah
Azza Nuzullah, Putri
Nurul, Asikin
Subject
371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Datestamp
2021-07-24 12:34:45
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis
praktikum pada materi sistem koordinasi terhadap keterampilan proses sains siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasy eksperiment dengan desain
control group post-test only design. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa
kelas XI MAN Tanjungpinang dengan total populasi 51 siswa. Teknik pengambilan
dengan menggunakan Total Sampling. Sampel terdiri atas 26 orang siswa kelas
eksperimen dengan pembelajaran berbasis praktikum dan 25 orang siswa kelas
kontrol dengan pembelajaran diskusi. Instrumen yang digunakan adalah tes
keterampilan proses sains, lembar observasi keterampilan proses sains, dan angket
respon siswa terhadap pembelajaran berbasis praktikum. Analisis data
menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test. Hasil rata-rata tes
keterampilan proses sains yang diperoleh kelas eksperimen adalah 75,19 dan kelas
kontrol 69,40. Hasil uji t-test didapatkan bahwa nilai sig sebesar 0,020 < dari nilai
alfa 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran berbasis praktikum berpengaruh terhadap keterampilan proses sains
siswa