DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Pembelajaran Berbasis Praktikum pada Materi Sistem Koordinasi terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI MAN Tanjungpinang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Badariah, Badariah
Azza Nuzullah, Putri
Nurul, Asikin
Subject
371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2021-07-24 12:34:45 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis praktikum pada materi sistem koordinasi terhadap keterampilan proses sains siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasy eksperiment dengan desain control group post-test only design. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas XI MAN Tanjungpinang dengan total populasi 51 siswa. Teknik pengambilan dengan menggunakan Total Sampling. Sampel terdiri atas 26 orang siswa kelas eksperimen dengan pembelajaran berbasis praktikum dan 25 orang siswa kelas kontrol dengan pembelajaran diskusi. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains, lembar observasi keterampilan proses sains, dan angket respon siswa terhadap pembelajaran berbasis praktikum. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test. Hasil rata-rata tes keterampilan proses sains yang diperoleh kelas eksperimen adalah 75,19 dan kelas kontrol 69,40. Hasil uji t-test didapatkan bahwa nilai sig sebesar 0,020 < dari nilai alfa 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis praktikum berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa 
Institution Info

Universitas Maritim Raja Ali Haji