Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Cindy Novita, Sari
Nur Eka Kusuma, Hindrasti
Azza, Nuzullah Putri
Subject
371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Datestamp
2021-07-24 12:51:38
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif yang dilaksanakan di SMA
Negeri 1 Bintan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA
Negeri 1 Bintan tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini berjumlah 78 siswa. Penelitian
ini ditentukan dengan teknik penelitian berupa tes, instrumen penelitian berupa soal uraian
sebanyak 22 butir soal yang dikembangkan berdasarkan aspek indikator berpikir kritis
menurut Ennis yaitu memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, kesimpulan, memberikan penjelasan lebih lanjut , strategi dan taktik. Berdasarakan hasil analisis
data, diperoleh hasil bahwa rata-rata persentase skor siswa adalah 77% yang dikategorikan
tinggi. Sedangkan berdasarkan aspek indikator kemampuan berpikir kritis memperoleh pe rsentase 67% pada aspek memberikan penjelasan sederhana, 78% pada aspek membangun keterampilan dasar, 81% pada aspek kesimpulan, 86% pada aspek memberikan penjelasan lanjut,
90% pada aspek strategi dan taktik. Dengan demikian dapat disimpulkan tingkat kemampuan
berpikir kritis siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Bintan pada kategori tinggi dan aspek
mengatur strategi dan taktik merupakan aspek dengan persentase tertinggi dibanding aspek
kemampuan berpikir kritis yang lain yaitu 90