Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Dinny, Meikasari
Linda, Rosmery
Rezky, Ramadhona
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-25 01:43:24
Abstract :
Minimnya pemakaian bahan ajar yang dapat merangsang peserta didik
lebih aktif dan menemukan konsep pembelajaran dapat menyebabkan kurang
berkembangnya kemampuan kemandirian peserta didik secara optimal. Penelitian
ini bertujuan untuk mengambangkan lembar kerja peserta didik berbasis
kemaritiman dengan pendekatan discovery learning pada materi transformasi
geometri kelas XI SMK yang valid, praktis, dan efektif. Janis penelitian ini adalah
Research and Development (R&D). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini
menggunakan metode angket dan tes. Adapun instrumen penelitian yang
digunakan yakni lembar validasi ahli dan lembar angket respon pendidik dan
peserta didik. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif ministep
untuk mengukur tingkat kevalidan lembar kerja peserta didik, MSI (methods of
successive interval) untuk mengukur tingkat kepraktisan, dan kriteria ketuntasan
minimal peserta didik untuk mengukur tingkat keefektifan lembar kerja peserta
didik. Hasil penelitian validitas ahli materi dan ahli media menunjukkan lembar
kerja peserta didik berada pada kategori cukup valid dan valid. R espon pendidik
dan peserta didik terkategori sangat praktis dengan persentase sebesar 82% dan
83,25%, serta efektif dengan persentase sebesar 84%