Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Elsa V, Hutasoit
Rona, Elfiza
Gatot, Subroto
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-25 01:57:30
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh
penggunaan metode Presentasi, Praktek, dan Produksi terhadap kemampuan
berbicara siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain
pre-test dan post-test control group design. Populasi penelitian adalah semua
siswa kelas VII SMP N 4 Bintan dan sampel penelitian ini adalah 60 siswa. VIIIA
dengan 30 siswa sebagai kelas kontrol dan VIIIB dengan 30 siswa sebagai kelas
eksperimen. Sampel diambil oleh kelompok secara acak dengan menggunakan
Cluster Random Sampling. Kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan
metode Presentasi, Praktek, dan Produksi dan kelas kontrol diajarkan dengan
menggunakan Metode Grammar Translation. Instrumen penelitian adalah tes
lisan. Data dianalisis dengan menggunakan t-test dengan menggunakan
Minitab17.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen pada
post-test adalah 77.33 dan pre-test adalah 41.33. Rata-rata kelas kontrol dalam
post-test adalah 67.33 dan pre-test 40.66. Nilai rata-rata siswa dari kelas
eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Dalam tes Man Whitney peneliti
mendapatkan nilai signifikansi 0,000 lebih rendah dari level signifikansi 0.05
(0,000 <0.05). Df adalah 28 di kelas eksperimen dan df di kelas kontrol adalah 28.
Dan SD di kelas eksperimen adalah 10.48 dan SD di kelas kontrol adalah 9.44.
Berdasarkan hasil analisis, disimpulkan bahwa metode Presentasi, Praktek, dan
Produksi efektif pada kemampuan berbicara siswa.