DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENEMUKAN ATURAN ASOSIASI DALAM TRANSAKSI BELANJA KONSUMEN PADA MINIMARKET (Studi Kasus: Rezeki Gemilang Jl. Ganet Km.11 Tanjungpinang)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Pinka Ayu, Pratiwi
Tekad, Matulatan
Alena, Uperiati
Subject
005.11.Pemrograman Khusus 
Datestamp
2021-07-26 05:03:26 
Abstract :
Data mining dalam bidang bisnis diperlukan karena sistem persediaan barang di suatu minimarket menjadi prioritas utama yang harus distok untuk mengantisipasi kekosongan barang, sehingga pemilik usaha dapat mengetahui barang yang paling laku dan minimnya stok suatu barang. Kondisi tersebut dapat berpengaruh pada pelayanan konsumen dan pendapatan minimarket. Oleh karena itu dibuatlah program ini dengan memanfaatkan data transaksi penjualan setiap harinya, guna membantu pihak minimarket dalam mendapatkan suatu informasi yang bermanfaat dengan menggunakan teknik data mining. Pada penelitian ini data yang dianalisis merupakan data transaksi belanja konsumen pada minimarket Rezeki Gemilang Kota Tanjungpinang selama 4 bulan sebanyak 7312 transaksi untuk menemukan aturan asosiasi menggunakan algoritma apriori. Pengujian dilakukan dengan menggunakan minimum support 0.01 dan minimum confidence 0.25 didapatkan hasil bahwa keterkaitan jika membeli mancis maka konsumen akan membeli rokok memiliki nilai confidence tertinggi yaitu 0.8184, Support 0.02339 menjelaskan bahwa semua transaksi yang dianalisis menunjukkan bahwa mancis dan rokok dibeli secara bersamaan, lift sebesar 3.46914 yang menunjukkan validnya keterkaitan asosiasi, conviction sebesar 4.20754 dan leverage 0.01665. 
Institution Info

Universitas Maritim Raja Ali Haji