Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Pinka Ayu, Pratiwi
Tekad, Matulatan
Alena, Uperiati
Subject
005.11.Pemrograman Khusus
Datestamp
2021-07-26 05:03:26
Abstract :
Data mining dalam bidang bisnis diperlukan karena sistem persediaan
barang di suatu minimarket menjadi prioritas utama yang harus distok untuk
mengantisipasi kekosongan barang, sehingga pemilik usaha dapat mengetahui
barang yang paling laku dan minimnya stok suatu barang. Kondisi tersebut dapat
berpengaruh pada pelayanan konsumen dan pendapatan minimarket. Oleh karena
itu dibuatlah program ini dengan memanfaatkan data transaksi penjualan setiap
harinya, guna membantu pihak minimarket dalam mendapatkan suatu informasi
yang bermanfaat dengan menggunakan teknik data mining. Pada penelitian ini
data yang dianalisis merupakan data transaksi belanja konsumen pada minimarket
Rezeki Gemilang Kota Tanjungpinang selama 4 bulan sebanyak 7312 transaksi
untuk menemukan aturan asosiasi menggunakan algoritma apriori. Pengujian
dilakukan dengan menggunakan minimum support 0.01 dan minimum confidence
0.25 didapatkan hasil bahwa keterkaitan jika membeli mancis maka konsumen
akan membeli rokok memiliki nilai confidence tertinggi yaitu 0.8184, Support
0.02339 menjelaskan bahwa semua transaksi yang dianalisis menunjukkan bahwa
mancis dan rokok dibeli secara bersamaan, lift sebesar 3.46914 yang
menunjukkan validnya keterkaitan asosiasi, conviction sebesar 4.20754 dan
leverage 0.01665.