DETAIL DOCUMENT
PENGARUH WORD OF MOUTH DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MARKETPLACE SHOPEE DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DIKALANGAN MAHASISWA MANAJEMEN FEBMUMRAH
Total View This Week0
Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
PUTRI DEWI, SELVIA
Sofia, Myrna
Jalal, Abdul
Subject
330 Ilmu Ekonomi 
Datestamp
2024-08-08 06:33:16 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dampak word of mouth dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian marketplace shopee dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel intervening dikalangan mahasiswa manajemen FEBM UMRAH. Word of mouth menunjukkan kegiatan pemasaran yang melibatkan penyebaran informasi dan merekomendasikan produk dan layanan dari mulut ke mulut, sedangkan celebrity endorser merupakan orang yang dipilih untuk mewakili citra suatu produk. Kepercayaan konsumen diharap dapat menghubungkan pengaruh variabel independen dan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data dengan cara penyebaran kuesioner kepada Mahasiswa aktif pada Program Studi Manajemen FEBM UMRAH angkatan 2020-2022. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 161 responden, dengan menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Analisis jalur (path analysis) digunakan untuk menghubungkan antara word of mouth, celebrity endorser, keputusan pembelian dan kepercayaan konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa word of mouth dan celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan konsumen, word of mouth dan celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, kepercayaan konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, serta word of mouth dan celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen 
Institution Info

Universitas Maritim Raja Ali Haji