Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Nikken, Resviona
Nina, Adriani
Inelda, Yulita
Subject
371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Datestamp
2021-07-21 04:02:22
Abstract :
Siswa sering merasa jenuh saat proses pembelajaran berlangsung,
dibutuhkan media permbelajaran seperti permainan agar dapat membuat siswa
kembali semangat mengikuti pelajaran kimia. Tujuan penelitian ini untuk
mengembangkan media pembelajaran permainan monopoli, mengetahui validitas
media pembelajaran permainan monopoli dan mengetahui praktikalitas produk
tersebut sebagai media pembelajaran pada materi sistem periodik unsur. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Model
penelitian pengembangan yang digunakan yaitu model 4-D define, design,
development, and desseminate tetapi penulis membatasi penelitian hanya sampai pada
tahap development. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas X IPA SMA Negeri 6
Tanjungpinang. Pengumpulan data dilakukan dengan angket serta teknik analisis data
dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: 1) Media pembelajaran permainan monopoli telah dikembangkan. 2) Hasil
validasi media pembelajaran permainan monopoli yaitu 98.57% masuk kedalam
kategori sangat valid dan hasil validasi materi yaitu 87.2% masuk kedalam kategori
sangat valid. 3) Hasil uji praktikalitas terhadap guru yaitu 92.5% masuk kedalam
kategori sangat praktis dan hasil uji praktikalitas terhadap siswa yaitu 93.27% masuk
kedalam kategori sangat praktis. Hal ini menujukkan bahwa media pembelajaran
permainan monopoli sistem periodik yang dikembangkan valid dan praktis untuk
digunakan oleh siswa SMA.