DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA PADA MATERI KEKHASAN ATOM KARBON
Total View This Week0
Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Septi, Kurniati
Syafsir, Akhlus
Ardi Widhia, Sabekti
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu 
Datestamp
2021-07-21 04:19:52 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sigifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) dan konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 2 Tanjungpinang dengan jumlah 72 siswa. Masing-masing kelas terdiri dari 36 orang siswa. Pada kelas eksperimen, proses bembelajaran di kelas menggunakan model Argument Driven Inquiry. Sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran discovery. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dalam bentuk uraian. Analisis data dari kedua kelompok menggunakan uji-t. Hasil yang diperoleh yaitu nilai t-hitung sebesar 0,02. Data menunjukkan t-hitung < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pemebelajaran Argument Driven Inquiry berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 2 Tanjungpinang 
Institution Info

Universitas Maritim Raja Ali Haji