DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS LECTORA INSPIRE UNTUK MATERI KOLOID
Total View This Week0
Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Nur, Safika
Ardi Widhia, Sabekti
Friska Septiani, Silitonga
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu 
Datestamp
2021-07-21 10:15:11 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan kemandirian belajar siswa terhadap modul elektronik berbasis lectora inspire untuk materi koloid. Jenis penelitian pengembangan ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan desain pembelajaran 4D yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate tetapi dibatasi pada tahap develop. Subjek uji coba ini adalah 20 siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 6 Tanjungpinang. Analisis data yang digunakan untuk penelitian pengembangan ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa validitas modul elektronik berbasis lectora inspire ditinjau dari validasi materi sebesar 93.33% dengan kriteria sangat valid dan validasi media sebesar 93.75% dengan kriteria sangat valid. Praktikalitas modul elektronik berbasis lectora inspire ditinjau dari praktikalitas guru memperoleh hasil 95% dengan kriteria sangat praktis dan praktikalitas siswa memperoleh hasil 79.13% dengan kriteria praktis. Kemandirian belajar siswa setelah menggunakan modul elektronik berbasis lectora inspire memperoleh hasil 76.25% dengan kriteria mandiri. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul elektronik berbasis lectora inspire untuk materi koloid sangat valid dan praktis sehingga dapat digunakan siswa sebagai sumber belajar mandiri. 
Institution Info

Universitas Maritim Raja Ali Haji