Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Nur, Safika
Ardi Widhia, Sabekti
Friska Septiani, Silitonga
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-21 10:15:11
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan
kemandirian belajar siswa terhadap modul elektronik berbasis lectora inspire
untuk materi koloid. Jenis penelitian pengembangan ini adalah Research and
Development (R&D) dengan menggunakan desain pembelajaran 4D yang terdiri
dari define, design, develop dan disseminate tetapi dibatasi pada tahap develop.
Subjek uji coba ini adalah 20 siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 6
Tanjungpinang. Analisis data yang digunakan untuk penelitian pengembangan ini
adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa
validitas modul elektronik berbasis lectora inspire ditinjau dari validasi materi
sebesar 93.33% dengan kriteria sangat valid dan validasi media sebesar 93.75%
dengan kriteria sangat valid. Praktikalitas modul elektronik berbasis lectora
inspire ditinjau dari praktikalitas guru memperoleh hasil 95% dengan kriteria
sangat praktis dan praktikalitas siswa memperoleh hasil 79.13% dengan kriteria
praktis. Kemandirian belajar siswa setelah menggunakan modul elektronik
berbasis lectora inspire memperoleh hasil 76.25% dengan kriteria mandiri.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul elektronik berbasis
lectora inspire untuk materi koloid sangat valid dan praktis sehingga dapat
digunakan siswa sebagai sumber belajar mandiri.