Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
SURYA DINATA, ADITYA
Arieta, Siti
Setiandika Igiasi, Teguh
Subject
303.6 Conflict Social/Konflik Sosial
Datestamp
2024-08-15 08:26:57
Abstract :
Game online merupakan sebuah permainan secara daring yang dapat dimainkan
secara bersamaan oleh beberapa orang. Game online sendiri begitu candu
dikalangan para pemain game atau biasa disebut gamer. Dalam bermain game
online para gamer ini dapat berkomunikasi satu sama lain secara online, tetapi
terkadang karena kemudahan berkomunikasi tersebut justru ditemukan komunikasi
yang tidak sehat yang mengarah pada bentuk-bentuk kekerasan verbal antara para
gamer tersebut. Kekerasan verbal memiliki beberapa bentuk seperti merendahkan,
name-calling, menyalahkan, memaki, dan juga mencancam. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui dampak yang terjadi pada para gamer akibat dari
menerima kekerasan verbal. Pada penelitian ini menggunakan teori interaksi
simbolik dari George H. Mead. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekerasan
verbal di kalangan gamer tersebut terjadi dari berbagai macam keadaan yang tidak
menyenangkan di lingkungan bermain. Penelitian ini juga menemukan bahwasanya
gamer yang mengalami kekerasan verbal juga terjadi pada seorang perempuan.
Faktor lingkungan menjadi salah satu alasan kuat kekerasan verbal terjadi di
kalangan gamer. Bentuk kekerasan verbal pada penelitian ini seperti memaki,
merendahkan, dan penghinaan yang mengakibatkan pada rasa trauma yang
dirasakan oleh para gamer sehingga memilih untuk menjauh dari lingkungan sekitar
dan mengasingkan diri dari lingkungan sekitar.
Kata Kunci: Game online, Kekerasan Verbal, Trauma