Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
AULIA SYABELLA, NURUL
Samnuzulsari, Tri
Valentina, Annisa
Subject
303.33. Kontrol Sosial
Datestamp
2024-08-16 03:07:02
Abstract :
Pendidikan ialah aspek krusial yang perlu diperhatikan karena tujuan utamanya adalah mempersiapkan generasi penerus bangsa dalam menghadapi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada penelitian ini difokuskan pada jenjang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama, sebagai pendidikan formal di Indonesia yaitu rata-rata anak usia sekolah berumur 12-15 tahun. Khususnya dalam prestasi akademik siswa Sekolah Menengah Pertama di Kota Tanjungpinang harus memenuhi standar kelulusan sehingga dapat memenuhi prestasi akademik sesuai aturan sekolah. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui tentang pengaruh modal sosial keluarga terhadap prestasi akademik siswa di SMP Pelita Nusantara Tanjungpinang, mengetahui tentang pengaruh modal sosial sekolah terhadap prestasi akademik siswa di SMP Pelita Nusantara Tanjungpinang dan mengetahui manakah yang lebih berpengaruh terhadap prestasi akademik siswa di SMP Pelita Nusantara Tanjungpinang. Hasil dari penelitian ini ialah modal sosial keluarga memiliki pengaruh langsung terhadap prestasi akademik siswa smp pelita nusantara tanjungpinang, hasil analisis regresi menunjukkan bahwa thitung 1.662 lebih besar dari ttabel (0.184) dari temuan penelitian bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan modal sosial keluarga terhadap prestasi akademik siswa sebesar 22.3% yaitu pengaruhnya memiliki kategori rendah. Modal sosial sekolah memiliki pengaruh langusng terhadap prestasi akademik siswa smp pelita nusantara tanjungpinang, hasil analisis regresi yang dimana membandingkan beberapa teori sebelumnya terkait dengan permasalahan modal sosial bahwa modal sosial sekolah sangat berpengaruh kuat terhadap prestasi prestasi akademik siswa smp pelita nusantara tanjungpinang sebesar 61.4%. Sedangkan modal sosial keluarga dan modal sosial sekolah memiliki pengaruh terhadap prestasi akademik siswa smp pelita nusantara tanjungpinang, hasil analisa penelitian modal sosial keluarga dan modal sosial sekolah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi akademik termasuk dalam kategori 18% yang dibandingkan dari nilai interpretasi (0,00 ? 0,199) termasuk dalam kategori sangat rendah. dari temuan penelitian bahwa pengaruh modal sosial keluarga dan modal sosial sekolah sangat rendah yang mengakibatkan prestasi akademik siswa berpengaruh.