Abstract :
perusahaan terhadap audit report lag dengan reputasi KAP sebagai variabel
moderasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan
Moderated Regression Analysis (MRA). Sampel penelitian ini menggunakan metode
purposive sampling. Dari 43 perusahaan yg terdaftar di BEI 2015-2017. Penelitian
ini menggunakan alat bantu SPSS 21. Hasil pengujian menunjukkan bahwa
spesialisasi KAP berpengaruh negatif terhdap audit report lag, dan ukuran
perusahaan berpengaruh signifikan terhadap audit report lag. Reputasi KAP sebagai
variabel moderasi memperkuat pengaruh antara spesialisasi KAP terhadap audit
report lag, dan reputasi KAP sebagai variabel moderasi memperlemah pengaruh
antara ukuran perusahaan terhadap audit report lag. Hasil uji koefisien determinasi
variabel menunjukkan bahwa variabel independen, variabel moderasi dan interaksi
kedua variable tersebut hanya mampu menejelaskan variabel dependen sebesar 18,2
% sedangkan sisanya 81,8 % dijelaskan oleh variabel lain diluar model penelitian
yang digunakan.