Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
RIDO, RIDO
Nur, Aslamaturrahmah Dwi Putri
Uly, Sophia
Subject
336.2 Taxes and Taxation/Pajak dan Perpajakan
Datestamp
2021-07-21 05:48:43
Abstract :
Pelayanan Samsat Bergerak sudah efektitif ini bisa dilihat dari tabel penerimaan
pajak kendaraan bermotor meningkat pada bulan april 2018 sampai desember
2018, dengan adanya layanan Samsat Bergerak dapat meningkatkan Pendapatan
Asli Daerah (PAD) Provinsi Kepulauan Riau. Pada akhir bulan Desember tahun
2018 total jumlah kendaraan yang membayar pajak kendaraan bermotor di
layanan Samsat Bergerak berjumlah 3.955 unit dengan total penerimaan pajak
pada tahun 2018 sebesar Rp. 2.577.956.400, namun target pencapaian penerimaan
pajak kendaraan bermotor belum ditentukan oleh SAMSAT Pamedan dikarenakan
layanan Samsat Bergerak baru berjalan pada tahun 2018. Efektivitas layanan
Samsat Bergerak di kota Tanjungpinang jika dilihat dari pendekatan sumber
eksternal yang meliputi sosialisasi dan hubungan antara petugas dengan
masyarakat sudah berjalan sesuai yang diharapkan, hal ini bisa dilihat petugas
sudah memberikan sosialisasi layanan Samsat Bergerak dengan cara memberikan
informasi melalui media sosial dan layanan Samsat Bergerak dapat diterima oleh
masyarakat, sehingga layanan Samsat Bergerak dapat berjalan efektif dan lancar.
Efektivitas layanan Samsat Bergerak di Kota Tanjungpinag, jika dilihat dari
pendekatan sistem internal yang meliputi kemampuan dan pengetahuan petugas
sudah sesuai yang diharapkan, ini bisa dilihat dari hasil wawancara, dimana
petugas dalam menjalankan tugasnya berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat
petugas sudah diberikan pelatihan, mampu menggunakan komputer, serta
berkomunikasi dengan baik kepada masyarakat selaku pengguna layanan,
sehingga memberikan kelancaran pada layanan Samsat Bergerak. Efektivitas
layanan Samsat Bergerak di Kota Tanjungpinang jika dilihat pendekatan teknis
yang meliputi sarana/prasarana kurang memadai atau jauh dari harapan dan
keinginan masyarakat, ini bisa dilihat dari hasil wawancara dengan responden
terutama pada sarana/prasarana yang disediakan oleh layanan Samsat Bergerak
untuk masyarakat kurang memadai seperti mesin foto copy dan tempat parkir.
Partsipasi masyarakat selaku pengguna layanan Samsat Bergerak, jika dilihat dari
hasil wawancara yang meliputi kurangnya dana (administrasi), dan terbatasnya
informasi sudah sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh SAMSAT , ini
bisa dilihat masyarakat selaku pengguna layanan Samsat Bergerak selalu tepat
waktu dalam membayar pajak dan selalu melengkapi berkas berkas yang
diperlukan di layanan Samsat Bergerak.
Kata Kunci : Efektivitas. Layanan Samsat Bergerak