DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS PELAYANAN SAMSAT BERGERAK (SAMBER) DI KOTA TANJUNGPINANG TAHUN 2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
RIDO, RIDO
Nur, Aslamaturrahmah Dwi Putri
Uly, Sophia
Subject
336.2 Taxes and Taxation/Pajak dan Perpajakan 
Datestamp
2021-07-21 05:48:43 
Abstract :
Pelayanan Samsat Bergerak sudah efektitif ini bisa dilihat dari tabel penerimaan pajak kendaraan bermotor meningkat pada bulan april 2018 sampai desember 2018, dengan adanya layanan Samsat Bergerak dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Kepulauan Riau. Pada akhir bulan Desember tahun 2018 total jumlah kendaraan yang membayar pajak kendaraan bermotor di layanan Samsat Bergerak berjumlah 3.955 unit dengan total penerimaan pajak pada tahun 2018 sebesar Rp. 2.577.956.400, namun target pencapaian penerimaan pajak kendaraan bermotor belum ditentukan oleh SAMSAT Pamedan dikarenakan layanan Samsat Bergerak baru berjalan pada tahun 2018. Efektivitas layanan Samsat Bergerak di kota Tanjungpinang jika dilihat dari pendekatan sumber eksternal yang meliputi sosialisasi dan hubungan antara petugas dengan masyarakat sudah berjalan sesuai yang diharapkan, hal ini bisa dilihat petugas sudah memberikan sosialisasi layanan Samsat Bergerak dengan cara memberikan informasi melalui media sosial dan layanan Samsat Bergerak dapat diterima oleh masyarakat, sehingga layanan Samsat Bergerak dapat berjalan efektif dan lancar. Efektivitas layanan Samsat Bergerak di Kota Tanjungpinag, jika dilihat dari pendekatan sistem internal yang meliputi kemampuan dan pengetahuan petugas sudah sesuai yang diharapkan, ini bisa dilihat dari hasil wawancara, dimana petugas dalam menjalankan tugasnya berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat petugas sudah diberikan pelatihan, mampu menggunakan komputer, serta berkomunikasi dengan baik kepada masyarakat selaku pengguna layanan, sehingga memberikan kelancaran pada layanan Samsat Bergerak. Efektivitas layanan Samsat Bergerak di Kota Tanjungpinang jika dilihat pendekatan teknis yang meliputi sarana/prasarana kurang memadai atau jauh dari harapan dan keinginan masyarakat, ini bisa dilihat dari hasil wawancara dengan responden terutama pada sarana/prasarana yang disediakan oleh layanan Samsat Bergerak untuk masyarakat kurang memadai seperti mesin foto copy dan tempat parkir. Partsipasi masyarakat selaku pengguna layanan Samsat Bergerak, jika dilihat dari hasil wawancara yang meliputi kurangnya dana (administrasi), dan terbatasnya informasi sudah sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh SAMSAT , ini bisa dilihat masyarakat selaku pengguna layanan Samsat Bergerak selalu tepat waktu dalam membayar pajak dan selalu melengkapi berkas berkas yang diperlukan di layanan Samsat Bergerak. Kata Kunci : Efektivitas. Layanan Samsat Bergerak 
Institution Info

Universitas Maritim Raja Ali Haji