Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
NOFIYANA, SARI
Uly, Sophia
Yudhanto, Satyagraha Adiputra
Subject
320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan
Datestamp
2021-07-21 05:58:33
Abstract :
Kantor Imigrasi Kelas II Tanjung Balai Karimun meluncurkan inovasi pelayanan
pembuatan paspor berbasis elektronik yaitu Sistem Anjungan Paspor Mandiri
(APM). Pelayanan berbasis elektronik ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas
pelayanan publik dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis semua faktor elemen sukses yang mempengaruhi penerapan
e-government pada sistem Anjungan Paspor Mandiri (APM) di kantor imigrasi
kelas II Tanjung Balai Karimun. Analisis ini menggunakan elemen sukses
pengembangan e-Government menurut Harvard JFK School of Government
antara lain support, capacity, dan value dalam Indrajit (2004: 15). Metode
penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan
data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun
yang dijadikan sebagai informan didalam penelitian ini sebanyak 11 orang. Hasil
penelitian, menggunakan analisa Support, Capacity, dan Value menunjukkan
bahwa berdasarkan variabel support sudah baik jika dilihat dari segi dukungan,
pengalokasian SDM, dan sosialisasi sepenuhnya sudah dimiliki oleh Kantor
Imigrasi Kelas II Tanjung Balai Karimun, walaupun masih ditemukan kendala
pada tiap indikator tersebut. Sementara variabel capacity, dari segi sumber daya
finansial dan ketersedian infrastruktur teknologi sudah memadai, namun
minimnya sumber daya manusia yang memiliki keahlian di bidang IT. Kemudian
untuk variabel value sudah baik, jika dilihat manfaat dari penerapan sistem
Anjungan Paspor Mandiri ini mempermudahkan masyarakat dalam pelayanan
permohonan paspor hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan pelayanan
keimigrasian setelah di laksanakan sistem APM ini.
Kata Kunci: E-government, Pelayanan Publik, Anjungan Paspor Mandiri
(APM)