Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
NOPI, SARIADI
Afrizal, Afrizal
Handrizal, Handrizal
Subject
302.23. Media Komunikasi, Media Massa
Datestamp
2021-07-21 06:52:10
Abstract :
Kabupaten Bintan merupakan salah satu daerah tujuan wisata potensial di
Indonesia yang kaya dengan potensi bahari, kearifan budaya lokal, keindahan
pantai dan pasir putihnya. Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor
pendukung perekonomian di Kabupaten Bintan. Selain merupakan penyumbang
devisa bagi pemerintah yang cukup siqnifikan. Dalam rangka pengembangan
kepariwisataan di Kabupaten Bintan, tentu tidak lepas dari mempromosikan
pariwisata yang dilakukan pemerintah melalui instansi terkait yang berwenang.
Secara umum permasalahan yang terjadi ialah masih minimnya pengetahuan dan
minat yang dimiliki oleh wisatawan domestik maupun mancanegara terhadap
event budaya lokal dalam hal ini (Bintan Jong Race). Hal ini di sebabkan oleh
adanya beberapa faktor antara lain dinas pariwisata Kabupaten Bintan saat ini
hanya memfokuskan pada promosi event yang berskala internasional, event yang
mendatangkan wisatawan lebih banyak. Informan dalam penelitian ini ialah
pegawai bidang pemasaran wisata dinas pariwisata Kabupaten Bintan yang
berjumlah 5 orang, dengan menggunakan teknik purposive sampling sedangkan
Kepala Dinas adalah sebagai Key Informan. Berdasarkan hasil penelitian dan
pembahasan, dapat disimpulkan bahwa dalam mempromosikan wisata yang
dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan dalam mempromosikan event
budaya lokal (Bintan Jong Race) Masih perlu perbaikan dan lebih di perhatikan
lagi dalam pelaksanaannya apa kendala yang di hadapi Dinas Pariwisata
Kabupaten Bintan Dalam Penyelengaraan Event Budaya Lokal (Bintan Jong
Race) Tahun 2018, sejauh mana promosi event (Bintan Jong Race) 2018 serta
jumplah keikutsertaan peserta dalam event Bintan Jong Race tahun 2018, dan
seberapa besar tingkat kunjungan wisatawan macanegara maupun nusantara.
Kata Kunci: Evaluasi, Promosi, Budaya Lokal