Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
SELLY, SAPSENA
Yudhanto, Satyagraha Adiputra
Uly, Sophia
Subject
362 Social Welfare, Problems and Services/Kesejahteraan Sosial, Permasalahan dan Layanan Sosial
Datestamp
2021-07-21 08:19:46
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah kepesertaan
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, mengidentifikasi
jumlah perusahaan yang tidak memberikan kepesertaan Badan Penyelenggara
Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, dan mengetahui hambatan kepesertaan
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan di Kawasan
Ekonomi Khusus Kabupaten Karimun. Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif dengn informan sebanyak 40 orang
serta menggunakan teknik dan alat pengumpulan data berupa observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ditemukan bahwa Implementasi Kepesrtaan Badan
Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan di Kawasan Ekonomi
Khusus Kabupaten Karimun belum terpenuhi secara maksimal. Tahun 2018 dari
jumlah 602 perusahaan secara keseluruhan yang sudah mendaftarkan kepada
BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 378 perusahaan dan yang belum terdaftar
sebanyak 224 perusahaan. Sementara itu, jumlah seluruhh pekerja/karyawan pada
tahun 2018 sebanyak 36.070 ribu orang, dari jumlah tersebut yang sudah terdaftar
pada BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 15.237 ribu orang, dan yang belum
terdaftar pada BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 20.833 ribu orang.
Faktor yang menghambat terpenuhinya kepesertaan Badan Penyelenggara
Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan di Kawasan Ekonomi Khusus Kabupaten
Karimun diantaranya adalah kesadaran perusahaan yang belum begitu kuat,
pemahaman perusahaan yang belum begitu dalam mengenai kewajiban
mendaftarkan karyawan/pekerjanya kepada BPJS Ketenagakerjaan, akses antar
pulau yang menyulitkan, tingkat kepatuhan perusahaan yang masih kurang, sering
terjadinya keluar masuk karyawan/pekerja tanpa melapor terlebih dahulu dan juga
pendaftaran karyawan/pekerja kepada BPJS Ketenagakerjaan yang tidak sesuai
dengan gaji yang sebenarnya. Serta Tidak konsistennya perusahaan dalam
membuat dan menjalankan peraturan dengan sanksi yang ada. Salah satu
konseptual penting dari teori Giddens pada penelitian ini yaitu terletak pada
struktur dan agen. Perusahaan yang membutuhkan pekerja juga membutuhkan
struktur dari agen lain untuk menjalankan hak dan kewajibannya. Struktur yang
dimaksud disini adalah seluruh elemen dalam kepesertaan Badan Penyelenggara
Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan di Kwasan Ekonomi Khusus Kabuapten
Karimun dalam program BPJS Ketenagakerjaan.
Kata Kunci: BPJS Ketenagkerjaan, pekerja/karyawan