Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Dewi, Agustina
Alona, Dwinata
Nur, Izzati
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-21 10:31:31
Abstract :
Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas pendekatan RME terhadap
pemahaman konsep matematis materi penyajian data siswa kelas VII SMP Negeri
1 Tanjungpinang. Pembelajaran dilakukan dengan cara membandingkan
pemahaman konsep matematis siswa yang telah diberi perlakuan yaitu
pembelajaran menggunakan pendekatan RME dengan pemahaman konsep
matematis siswa menggunakan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungpinang tahun pelajaran
2017/2018. Pemilihan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan
dengan teknik Simple Random Sampling. Pendekatan penelitian ini yaitu
kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen desain quasi eksperimen.
Kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan
pendekatan RME sedangkan kelompok kontrol dengan pembelajaran
konvensional.
Setelah dilakukan analisis dan pengujian hipotesis maka terdapat perbedaan
peningkatan pemahaman konsep matematis yang dicapai antara siswa yang
mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan RME dan siswa dengan
pembelajaran konvensional. Terbukti dengan rata-rata N-gain kelas eksperimen
yaitu 0,57 sedangkan rata-rata N-gain kelas kontrol yaitu 0,34 dimana rata-rata Ngain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata N-gain kelas kontrol.
dari uji Independent Sample T-test diperoleh perbedaan rata-rata yang signifikan
pada taraf nyata 0,05 diketahui bahwa hasil analisis uji Independent Sample T-test
nilai T-test sebesar 0,00 ? taraf signifikan 0,05 dimana 0,00 ? 0,05 artinya H
0
ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan RME
lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis dibandingkan
dengan pembelajaran konvensional pada materi penyajian data.