Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Iin Yuliana, Aruan
Nur, Izzati
Mirta, Fera
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-21 10:44:28
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan penalaran
matematis siswa melalui penerapan pendekatan PMRI pada kelas VII SMP Negeri
12 Tanjungpinang. Hasil penelitian ini diperoleh dengan cara mengukur
peningkatan yang terjadi di kelas yang diberi perlakuan PMRI dan kelas dengan
pembelajaran konvensional. Setelah diperoleh hasil peningkatan kemampuan
penalaran matematis siswa, peneliti kemudian membandingkannya untuk melihat
peningkatan yang lebih tinggi.
Penelitan ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian
kuasi ekepserimen berbentuk The Randomized Pretest-Posttest Control Group
Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri
12 Tanjungpinang. Penentuan sampel untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol
dalam penelitian ini dilakukan secara acak. Pada kelompok eksperimen diberikan
perlakuan berupa pendekatan PMRI sedangkan kelompok kontrol diberikan
perlakuan berupa pembelajaran konvensional.
Berdasarkan hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis diperoleh
bahwa terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang
memperoleh pendekatan PMRI lebih tinggi dari siswa yang memperoleh
pembelajaran konvensional. Hal ini terbukti dari rata -rata peningkatan
kemampuan di kelas eksperimen sebesar 0,37 lebih tinggi dari rata -rata di kelas
eksperimen sebesar 0,25. Dari uji hipotesis dengan statistik parametrik, yaitu
Independent Sample T-Test dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05 diperoleh
perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan penalaran matematis yang
siginifikan, yaitu nilai sig (1-tailed) = 0,001 < 0,05 yang berarti Ho
ditolak. Jadi
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan pendekatan PMRI
lebih tinggi untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa
dibandingkan dengan penerapan pembelajaran konvensional pada materi
penyajian data.