Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Maya, Sari
Linda, Rosmery
Nur, Izzati
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-21 10:46:47
Abstract :
ampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII 1 SMP Negeri 6
Tanjungpinang setelah memperoleh pembelajaran dengan penerapan model
pembelajaran Osborn pada materi bilangan pecahan. Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen dengan design PreEksperimen bentuk One Group PretestPostest Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 27 orang
siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
observasi dan tes.
Dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa rata-rata nilai postest kelas
ekperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pretest. Rata-nilai postest
mengalami peningkatan sebesar 17 dari nilai pretest. Hal ini menunjukkan bahwa
terdapat peningkatan rata-rata nilai sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran
Osborn. Besarnya peningkatan dihitung menggunakan rumus gain ternormalisasi
sebesar 0,32 yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis
yang dilakukan dengan uji t-test berpasangan dihasilkan nilai signifikan 0,000.
Hal ini berarti nilai p<0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga
disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis
siswa setelah diterapkan model pembelajaran Osborn