Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Nur, Asiah
Alona, Dwinata
Nur, Izzati
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-21 11:04:36
Abstract :
Penelitian ini bertujuan menguji Efektivitas Penggunaan Media Wingeom
terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMPN 1 Bintan Materi Bangun
Ruang Kubus dan Balok. Pembelajaran dilakukan dengan cara membandingkan
pemahaman konsep matematis siswa yang telah diberikan perlakuan dengan
pembelajaran menggunakan media wingeom dengan pemahaman konsep
matematis siswa yang diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional.
Populasinya adalah seluruh kelas VIII di SMPN 1 Bintan. Penentuan kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan cara cluster sampling.
Penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif berjenis eksperimen de ngan desain
quasi eksperimen berbentuk the randomized pretst-posttest control group design .
Kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan
menggunakan media wingeom sedangkan kelompok kontrol diberikan perlakuan
berupa pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan analisis dan pengujian
hipotesis maka terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep matematis
yang dicapai antara siswa dengan pembelajaran menggunakan media wingeom
dan siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Terbukti dengan
rata-rata N-gain kelas eksperimen 0,59 yang lebih tinggi dengan rata-rata N-gain
kelas kontrol 0,30. Dari uji independent t-test diperoleh perbedaan rata-rata yang
signifikan pada taraf nyata 0,05, diketahui bahwa hasil analisis uji independent ttest nilai independent t-test 0,00 < taraf signifikan 0,05, yaitu 0,00 < 0,05 berarti
H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan
media Wingeom lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis
dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang
Kubus dan Balok