Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Riski, Wahyuni
Febrian, Febrian
Mirta, Fera
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-21 11:21:44
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kreatif
melalui penerapan pendekatan PMRI pada kelas X SMAN 5 Tanjungpinang. Hasil
Penelitian ini diperoleh dengan cara mengukur peningkatan yang terjadi di kelas yang
diberi perlakuan PMRI dan kelas dengan pembelajaran konvensional. Setelah diperoleh
hasil peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa, peneliti kemudian
membandingkannya untuk melihat peningkatan yang lebih tinggi.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian kuasi
eksperimen berbentuk The Randomized Pretest-Posttest Control Group Design.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMAN 5 Tanjungpinang.
Penentuan sampel untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam peneliti an ini
dilakukan secara acak. Pada kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa
pendekatan PMRI sedangkan kelompok kontrol diberikan perlakuan berupa
pembelajaran konvensional.
Berdasarkan hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwa
terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif yang memperoleh pendekatan PMRI
lebih tinggi dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hal Ini terbukti
dari rata-rata peningkatan kemampuan di kelas eksperimen sebesar 0,64 lebih tinggi dari
dari rata-rata dikelas kontrol sebesar 0,44. Dari uji hipotesis dengan statistik parametrik,
yaitu Independent Sample T-Test dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05 diperoleh
perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kreatif yang signifikan, yaitu nil ai
sig (1-tailed) = 0,001 < 0,05 yang berarti Ho
ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran dengan penerapan pendekatan PMRI lebih tinggi untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kreatif dibandingkan dengan penerapan pembelajaran
konvensional pada pokok bahasan nilai mutlak.